Tugas Pre-School 1 (3-4 Mei 2014)

Resume Materi Pre-School 1
Sabtu, 3 Mei 2014

KONTRIBUSI EKONOMI KREATIF & PARIWISATA (KREASI DAN REKREASI)

Berbicara tentang kontribusi ekoomi kreatif & periwisata (kreasi dan rekreasi) yang berkaitan dengan fenomena ekonomi global, salah satu yang menjadi tantangan Indonesia yang menjadi negara berkembang adalah kreasi & reaksi ekonomi. Seperti yang kita ketahui, bahwa Indonesia tak pernah habis dengan kreatifitasnya dan kekayaan alam serta budaya yang melimpah di bumi pertiwi ini.
            Indonesia pun mempunyai tantangan sendiri yang bersifat internal, karena dalam realitasnya di lapangan orang Indonesia adalah orang yang jago dalam memproduksi barang, namun lemah dalam pemasaran barang yang mereka ciptakan. Kendala yang terjadi di Indonesia ini , berbeda dengan Cina yang sekarang sedang sangat baik dalam bidak perekonomiannya karena Cina kurang jago dalam memproduksi barang, namun kelebihan mereka ada di sektor pemasaran barang yang baik. Itu yang menyebaban Cina menjadi salah satu petarung ekonomi di tingkat global. Ekonomi Cina-Indonesia inilah yang menjadi salah satu fenomena yang benar-benar menuntut kita sebagai pemuda untuk kreatif karena penting untuk berkreatifitas, karena kreatif itu sendiri bertujuan ntuk menimba ilmu.
            Pemerintah pun berusaha terus meningkatkan ekonomi Indonesia, salah satunya dengan adanya 15 sektor ekonomi kreatif yang menunjang perekonoman dan pariwisata Indonesia yang semakin berkembang.
            Oleh karena itu, ekonomi kreatif sangat penting untuk terus di realisasikan di seluruh sektor ekonomi dan pariwisata di Indonesia, diperlukan pula dukungan dari masyarakat dalam merealisasikan atau publikasi tentang ekonomi kreatif dan parawisata (reaksi dan kreasi).

            IKA UNPAD

            IKA Unpad adalah salah satu lembaga yang diperuntukan untuk para alumni Universitas Padjadjaran, namun bukan hanya tempat bersilaturahmi antar alumni saja, IKA Unpad  bertujuan untuk bersinergi antara alumni - lembaga negara – lembaga universitas.
IKA Unpad memiliki 5 pilar, yaitu :
·         Unity
Persatuan dan kekeluaragan alumni Universitas Padjadjaran yang terjalin dan terjaga sampai saat ini.
·         Nationality
Nilai kebangsaan di kalangan alumni pun tetap terjaga , cinta pada tanah air.
·         Production
Memproduksi alumni-alumni yang berkontribusi nyata di masyarakat serta memproduksi Sumber Daya Manusia yang kreatif.
·         Action
Turut berperan dan bertindak positif pada permaslahan bangsa saat ini.
·         Dedication
Mendedikasikan dirinya kepada aagama,lmamater dan negara.

SEJARAH KEMA UNPAD

            Sejarah terbentuknya Kema (Keluarga Mahasiswa) UNPAD, dalam sejarahnya dimulai dari bubarnya Senat Unpad pada tahun 1992. Dengan segala proses yang diajukan organisasi mahasiswa yang berpikir harus ada lembaga yang ruang lingkupnya tingkat Universitas.
Akhirnya pada tahun 2002 sekitar bulan Agustus terbentuklah suatu lembaga mahasiswa tingkat Universitas yaitu Kema Unpad, dan tidak lama setelah itu diadakn Pemilihan Raya Mahasiswa (Prama) yang menghasilkan seorang Ketua BEM Kema Unpad untuk pertama kalinya yaitu Indra Maulana dari FMIPA untuk kepengurusan tahun 2003-2004. Dan sampai saat ini pun sistem Prama masih diterapkan dalam setiap pergantian Presiden Mahasiswa di Unpad setiap tahunnya.
Perancang Kema Unpad ini adalah mahasiswa yang kritis, karena para aktivis pada saat itu berpikiran, “kita sebagai mahasiswa memiliki nilai, dan nilai kita bukanlah hanya sekedar menjadi mahasiswa biasa”Tujuan dari Kema Unpad ini dibentuk adalah keinginan aktivis-aktivis pada masa itu yang tidak ingin ada pengotak-ngotakan dalam forum, maka dibentuklah lembaga tingkat Universitas supaya dapat merangkul seluruh fakultas yang ada di Universitas Padjadjaran.

Resume Materi Pre-School 1
Minggu, 4 Mei 2014

ETIKA DALAM DISKUSI ILMIAH
Moderator : Irfan Zidni
Pembicara : Toni hersing

            Seeorang dalam sebuah forum diskus haruslah memiliki pengetahuan tentang caranya ber-etika dengan baik di muka umum. Apalagi sebagai mahasiswa perlulah ilmu etika. Dalam semboyan mahasiwa ada yang menyebutkan “sekarang menjadi mahasiswa,besok menjadi pemimpin”. Oleh karena itu etika untuk melakukan suatu secara benar dan memperoleh sesuatu yang baik, dalam beretika pun terdapat ruang yang terbatas pada kelompok profesi atau cabang ilmu pengetahuan. Etika juga dapat dijadikan panduan berbuat bagi orang dilingkungan tertentu seperti ( profesi,orgnisasi), karena etika adalah rambu-rambu pilihan diantara yang baik – dengan yg baik , dan yang benar dari yang benar.
Ada beberapa macam diskusi, yaitu :
·         Bertukar pikiran
·         Perundingan atau pembicaraan
·         Diskusi
Dalam pelaksanaan diskusi (ilmiah) , perlu adanya media komuikasi, cara-cara dasar yang dipatuhi kelompok, perbedaan asas moral agar diskusi berjalan dengan efektif. Nilai ke-efektifan dalam forum diskusi juga ditentukan dengan komponen-komponen yang sekiranya perlu dipenuhi, seperti ; materi, peserta, moderator, notulis , nara sumber, dan sarana prasarana. Serta dalam keberlangsungan diskusi (ilmiah) perlu juga diperhatikan tata cara yang jelas, sebagai berikut:
·         Pembukaan
·         Penyampaian agenda
·         Penyampaian permasalahan
·         Tanya jawab
·         Kesimpulan
Maka dari itu apabila kita ingin mengadakan acara forum diskusi atau kita mengikuti acara diskusi, kita perlu memperhatikan point-point penting dalam persiapan hingga keberlangsungan acara diskusi , supaya dalam forum diskusi menjadi efektif.

PEMANFAATAN TEKNOLOGI
Moderator : Fauzan
Pembicara : Syauqi Lukman, S.sos., MSM

Pemanfaatan teknologi sangatlah dibutuhkan untuk para indiviu dalam mengikuti perkemabgan teknologi yang semakin pesat tiap tahunnya. Arus yang cepat dan instan ini menimbulkan dua reaksi yaitu positif dan negatif bagi kita pengguna dan penikmat teknologi saat ini. Diperlukan interpersonal skill untuk dapat membedakan yang baik dan yang tidak baik dalam teknologi ataupun informasi. Ada beberapa step untuk menguji kredibilitas sumber informasi, contoh tahapannya adalah :
situation analysis > strategi > plan > execution > evaluation > situation analysis
            Pertama dalam menguji informasi itu kredibel atau tidak, dibutuhkan sebuah analisi awal dan sederhana, serta strategi apa yang akan digunakan untuk pemanfaatannya , setalah itu berencana sampai melakukan eksekusi. Saat eksekusi, kita perlu mengevaluasi apa saja yang benar dan tidak , dari sana kita baru melakukan analisis kembali terhadap informasi tersebut.
            Oleh karena itu keabsahan data sangatlah penting, teknologi tidak dapat kita hindari namun kita harus bisa memilih mana yang baik dan yang tidak.


Labels: