Keberanian Pemuda, Keberanian Berpolitik

Generasi baru selalu membawa harapan untuk membangun Indonesia,
saatnya generasi muda berani berpolitik!”.

            Generasi baru Indonesia pada era kontemporer ini, merupakan sebuah harapan dalam membangun dan menyelamatkan Negara yang telah diperjuangkan oleh para pemuda pada sejarah kemerdekaan terdahulu. Negara yang saat ini telah karut-marut oleh dinamika politik yang dibangun oleh generasi yang sedang memimpin bangsa, sudah saatnya dibenahi oleh generasi baru yaitu genarasi muda.
            Peran pemuda Indonesia sangat penting untuk melakukan perubahan, dikarenakan genarasi muda yang nantinya akan menjadi pemimpin masa depan dalam meneruskan perjuangan bangsa ini menjadi negara yang harmonis dan bersinergi dalam satu kesatuan Republik Indonesia.
            Dalam melanjutkan perjuangan Negara yang sedang berkembang dan mencari jati diri bangsa seperti Indonesia, perlu disadari bahwa politik merupakan salah satu unsur utama dalam melakukan perubahan. Tetapi faktanya, banyak orang yang tidak suka berpolitik dan menganggap politik adalah sebuah hal yang negatif.
            Politik yang kurang diminati oleh generasi muda, di karenakan para politikus mempertontonkan kebobrokan dan kemundurannya dalam zona politik Indonesia yang berdampak terhadap kerugian rakyat. Seperti, semakin merajalelanya korupsi dari kelas aparatur desa hingga politikus tingkat nasional yang menyebabkan kerugian anggaran negara yang digunakan untuk kepentingan pribadi.
            Politik menjadi suatu hal yang “negatif”, karena sedikitnya politikus yang memiliki visi-misi yang baik, dan lebih banyak yang tenggelam dalam budaya politik kotor yang hanya mementingkan kekuasaan. Padahal seyogyanya, politikus adalah pelayan publik yang mementingkan kepentingan bangsa dan negara dengan praktek politik ataupun kebijakan-kebijakan yang pro rakyat.
Oleh karena itu politik sampai saat ini menjadi suatu hal yang tidak disukai banyak orang. Namun, kebanyakan orang hanya bisa mengkritik dari luar tanpa terjun langsung kedalam dunia politik. Mengkritik memang sangat baik, tetapi akan lebih sangat baik apabila terjun dan ikut berjuang untuk memperbaiki perpolitikan Indonesia. Dengan berpolitik bersih kita dapat membangun bangsa yang harmonis dan bersinergi dari setiap elemen bangsa. 

Indonesia memiliki banyak masalah bukan karena semata banyak orang jahat, tetapi karena orang-orang yang ada hanya diam dan mendiamkan kejahatan terjadi”.
-Anies Baswedan

Politik merupakan salah satu pilar untuk melakukan perubahan, oleh karena itu dibutuhkan banyak generasi muda yang berani berpolitik. Politikus yang jujur, bersih, dan melayani masyarakat. Karena berpolitik bukan hanya tentang kekuasaan, tetapi sebagai perjuangan nilai keadilan, kesejahteraan, kesatuan serta bersinergi dengan setiap elemen bangsa dalam membangun Indonesia. Keberanian merupakan langkah awal dalam sebuah perubahan, dalam berpolitik dibutuhkan sinergi antara nurani dengan kejujuran karena dalam dunia politik akan banyak godaan, tantangan serta ancaman bagi generasi muda.
Tetap untuk Indonesia yang makmur dan sejahtera.

Comments

Popular posts from this blog

Bayar Airbnb pakai Jenius

Jalan-Jalan ke Bangkok 2019 (Part 1 + Itinerary + Budget)

Jalan-Jalan ke Bangkok 2019 (Part 2: Museum Erawan, Wat Arun, Khao San, Platinum Mall dan Asiatique)