Langsung ke konten utama

Istirahatlah Kata-Kata

Dan akhirnya kata pun dapat beristirahat.
Bukan berarti berhenti dalam sebuah perjuangan panjang,
karena akan bangkit kapanpun dia mau.

Film Istirahatlah kata-kata...
Sebuah film yang memperkenalkan sosok lelaki jawa,
seseorang yang berani dengan kata-kata yang penuh makna.
Tapi...
Seketika menjadi buron negara.
 
Dengan kata
Ia tak pernah menyesal, 
Walaupun untaian kata yg membuat dirinya di buru sana-sini
Wiji namanya,
yang harus berganti nama ratusan kali demi pelariannya.

Sosok yang kurus,
berkulit coklat pekat,
tambah tak bisa teriak 'R' dengan jelas.
Adapun luka merah di mata, 
akibat terkena senapan tentara. 

Yang sadar bahwa hidupnya hanya cukup ada, tanpa tahu dimana.
Yang sadar bahwa dia tak bisa tidur nyenyak,
di atas ubin bahkan di atas kasur empuk.
Bahkan ia tak dapat buang kotoran dengan tenang dan bebas,
walau ia tanggapi semua dengan penuh tawa.

Perasaan was-was tetap menghantui waktunya,
karena menjadi buron itu tak enak, katanya.
Wiji adalah buron Orde Baru,
yang tak dapat bergerak bebas karena rezim masa itu.
Karena ia tak bisa hanya diam,
Menurutnya...
Membisu adalah kebusukan.
Bersuaralah dengan kata-kata.
Bergetar rasanya melihat perjuanganmu melawan rezim penguasa.

Bangga mengenal sosokmu Wiji Thukul. 
(Cerita Perempuan, 20 Januari 2017)

Terimakasih untuk
ISTIRAHATLAH KATA-KATA

istirahatlah kata-kata
jangan menyembur-nyembur
orang-orang bisu
kembalilah ke dalam rahim
segala tangis dan kebusukan
dalam sunyi yang mengiris
tempat orang-orang mengingkari
menahan ucapannya sendiri
tidurlah kata-kata
kita bangkit nanti
menghimpun tuntutan-tuntutan
yang miskin papa dan dihancurkan
nanti kita akan mengucapkan
bersama tindakan
bikin perhitungan
tak bisa lagi ditahan-tahan
(Wiji Thukul, 12 agustus 1988)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bayar Airbnb pakai Jenius

Menjelajahi lingkungan baru di dunia adalah salah satu impian gue. Berlibur melihat betapa luasnya dunia dengan berbagai perbedaan budaya yang menambah pesona dari setiap tempat baru yang bisa gue kunjungi.
Jalan-jalan ke luar negeri untuk mahasiswa/orang yang baru lulus kuliah pasti harus mikirin gimana caranya transaksi tanpa kartu kredit. Gue adalah salah satunya karena berencana liburan ke luar negeri, tapi perlu mikirin banyak transaksi yang harus menggunakan kartu kredit. 
Beberapa waktu lalu, gue kebingungan saat berencana pesan penginapan di Airbnb untuk akomodasi di negara tujuan. Soalnya pakai Airbnb jauh lebih murah menurut versi gue dan kawan-kawan. Gue bingung gimana cara bayar Airbnb karena enggak punya kartu kredit. Bayar Airbnb hanya bisa menggunakan Visa dan Paypal. Waktu itu gue berharap punya teman baik hati yang punya kartu kredit dan dengan sukarela meminjamkannya. Sayangnya, temen-temen deket gue pada belum punya cc/credit card.
Gue gak nyerah gitu aja, setelah cari…

ASIAN GAMES 2018 (bukan Asean Games)

Pembukaan Asian Games yang berlangsung pada 18 Agustus 2018 kemarin di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta ini menjadi salah satu perhatian dunia internasional. Acara pembukaan yang spektakuler tersebut mendapatkan banyak pujian dari berbagai kalangan. Hal-hal menakjubkan ditampilkan di acara yang baru saja digelar kemarin, dimulai dari aksi Presiden Republik Indonesi (RI) Joko Widodo yang datang menggunakan moge ke GBK, penampilan 4000 penari, tata panggung yang indah, pesta kembang api dan masih banyak lagi yang membuat kita terpana melihatnya.
Ada banyak banget pujian yang diberikan atas pertunjukkan spektakuler pembukaan Asian Games 2018 tersebut, namun ada juga kritikan yang menjadi perbincangan untuk obrolan politik saling menyerang. Dari berbagai ucapan selamat, terharu, bangga, kritikan yang mewarnai suasana pembukaan Asian Games 2018 di timeline media sosial. Ada satu hal yang bikin “gemas” karena perebutan satu huruf saja yaitu masih banyak yang salah nulis Asian Games me…

5 Alasan Harus Nonton Along With the Gods 2: The Last 49 Days!

Bagi yang sudah pernah menonton film Along With The Gods: The Two Worlds pada awal 2018 lalu di Indonesia, pasti penasaran dengan kelanjutan cerita yang berlatarkan kehidupan di alam baka ini. Sebuah film yang menceritakan mengenai seorang pemadam kebakaran Kim Ja Hong (Cha Tae Hyun) yang meninggal saat bertugas dan akhirnya menjadi salah satu jiwa mulia. Pemadam kebakaran ini ditemani oleh tiga malaikat pelindung, Gang Rim (Ha Jung Woo), Hae Won Mak (Ju Ji Hoo), dan Doek Choon (Kim Hyang Gi) untuk melewati berbagai pengadilan di alam baka.

Setelah sukses dengan film Along With The Gods: The Two Worlds yang sudah ditonton oleh 14 juta penonton tersebut. Film kedua besutan sutradara Kim Yong Hwa dilansir dari Soompi (14/8) sudah menembus angka 10,002,058 juta penonton di Korea dalam waktu 2 minggu. 

Tepatnya pada bulan ke delapan ini film Along With the Gods 2: The Last 49 Days atau Along With The Gods part II sudah mulai tayang di Korea Selatan sejak tanggal 1 Agustus 2018. Sementara i…